Friday, June 1, 2012

TENSES

Disini saya akan terangkan tentang waktu, dalam Bahasa Inggris  Waktu itu sangat erat kaitanya dengan kalimat-kalimat yang digunakan dalam percakapan bahasa inggris khususnya pada kata kerja dan keterangan yang di pakai, sangat berbeda sekali dengan bahasa kita Bahasa Indonesia yang tak mengenal perubahan kata (kecuali keterangan waktunya) meski waktunya berbeda. Dalam bahasa Inggris sangat memperhatikan betul-betul kata kerja dan keterangan waktunya ketika melakukan percakapan terutama dalam penulisan, salah satu huruf saja dapat memalingkan makna yang ada. Jadi ini adalah awal bagi anda untuk memahami peraturan-peraturan yang ada dalam bahasa inggris, yang biasa disebut sebagai GRAMMAR.
Agar lebih mudah untuk memahami, lihatlah gambar 1.1 dibwah ini dengan seksama :


Garis yang melintang tersebut adalah gambaran waktu yang kita lalui dalam kehidupan kita :
Past                 ₌ Waktu yang lalu (segala apa yang telah kita lalui)
Present            ₌ Waktu sekarang (apa-apa yang kita hadapi pada saat ini)
Future              ₌ waktu yang akan datang (segala sesuatu yang sama sekali belum kita ketahui)
Past Future     
Jika anda sudah memahami betul tentang contoh gambar 1.2 selanjutnya perhatikanlah gambar dibawah ini

 Lihatlah bintang yang ada pada masing-masing waktu diatas, itu artinya pada setiap waktu tersebut berisikan dengan empat komponen yang ditandai bintang, anda bisa lihat pada gambar 1.2. namun sebelum melangkah lebih jauh anda harus paham benar dengan empat komponen tersebut, dan rincian serta keterangannya sebagai berikut:
  • Simple (sederhana)
  • Continuous (sedang/berkelanjutan)
  • Perfect (sempurna)
  • Perfect continuous (sempurna berkelanjutan)
Untuk keterangan tentang komponen- komponen diatas silahkan anda klik kata-kata yang ada dalam kurung pada masing-masing komponen diatas.
Saya sarankan anda jangan beralih ke topic yang lain dulu sebelum anda betul-betul memahami ke empat komponen tersebut. Jika anda yakin sudah memahami betul lanjutkanlah ke pembahsasan selanjutnya.
Sekarang perhatikanlah tabel di bawah ini dengan seksama!

 
Gambar diatas adlah rincian macam-macam kalimat dengan komponen yang sama amun yang membedakan pada masing-masing form adlah waktunya saja.
Pastikanlah anda tidak bingung dengan rincian di atas. Jika anda masih merasa bingung dan tidak mengerti, saya sarankan anda untuk kembali ke penjelasan sebelum penjelasan ini dengan teliti!
Baiklah selanjutnya adalah cara memahami macam-macam form kalimat sesuai dengan waktunya .
Dimulai dengan bentuk present tense yang sangat mudah untuk di pahami dibandingkan dengan bentuk kalimat yang lainnya.

0 komentar:

Post a Comment